RSS : Articles / Comments


Ribuan Nasabah KKM Demo

19.33, Posted by simple, No Comment


Desak Dana Cair Sebelum Galungan
Amlapura (Bali Post) -
Ribuan nasabah Koperasi Karangasem Membangun (KKM), Senin (23/2) kemarin berdemo ke DPRD dan Kantor Bupati Karangasem. Usai menerima perwakilan nasabah, Wakil Bupati Karangasem Drs. IGL Rai mengatakan pihaknya membentuk tim guna mohon kepada Kapolda Bali agar dana nasabah KKM sebelum hari raya Galungan dan Kuningan, Maret ini sudah bisa dicairkan. 'Kami langsung membuat surat dan menyampaikannya kepada Kapolda Bali,' jelasnya.

Ribuan nasabah KKM kemarin datang sekitar pukul 09.00 ke DPRD Karangasem. Sebanyak 15 perwakilan mereka diterima Ketua DPRD Karangasem IW Sukadana, S.Sos. dan anggota Dewan lainnya. Perwakilan nasabah Nyoman Pasek membacakan pernyataan para nasabah yang isinya sembilan poin, di antaranya minta Ketua KKM I Gede Putu Kertia, S.E. dan Dirut I Nengah Wijanegara, S.E. segera dibebaskan. Sebab, mereka merasa tak dirugikan sistem KKM dan sebaliknya akibat kebijakan represif pihak kepolisian, KKM mengalami kerugian besar dan itu akan berlanjut selama koperasi itu tak dioperasikan kembali.

Dalam pernyataannya, mereka juga menyayangkan adanya laporan ke Mabes Polri, dengan menyatakan bahwa uang nasabah KKM sudah dikirim ke luar negeri (LN) dan Ketua KKM sudah siap-siap lari. Terkait hal itu, nasabah minta Kapolri secepatnya memeriksa aparat di Karangasem terkait laporannya itu. Atas pengaduan itu, Ketua DPRD Sukadana mengatakan bakal membentuk panitia khusus (pansus) guna menangani kasus yang membelit KKM.

Usai demo di DPRD, massa bergerak ke Kantor Bupati Karangasem. Sama dengan di DPRD, massa tertahan di depan pintu masuk Kantor Bupati karena dijaga ketat pasukan Dalmas. Namun sejumlah perwakilan massa diizinkan masuk dan diterima Wabup Karangasem serta Wakapolres Kompol Nyoman Wija.

Di depan Wabup dan stafnya, perwakilan massa minta dicarikan jalan keluar sehingga dana masyarakat yang terhimpun di KKM bisa dikembalikan secepatnya. Namun, jika pihak Pemkab tak mampu mengembalikan dana dengan uang dan aset yang sejak penggerebekan Jumat (20/2) dikuasai kepolisian, pemerintah diminta membebaskan KKM beroperasi kembali. (013)


Khawatir Mobil Ditarik Kembali



SEJAK pagi Senin (23/2) kemarin perkantoran pemerintah di Amlapura, Karangasem dijaga ketat polisi. Maklum, sejak sehari sebelumnya beredar isu bakal ada demo besar-besaran ribuan nasabah Koperasi Karangasem Membangun (KKM).

Selain kantor DPRD dan Bupati, perkantoran lainnya seperti Kejari, PN Amlapura juga ditutup pintu masuknya dan dijaga polisi. Demikian pula Jalan Ngurah Rai di depan kantor Bupati ditutup untuk lalu lintas dan dialihkan ke jalan lainnya. Sebab, ribuan nasabah memenuhi badan jalan. Sementara karyawan Pemkab Karangasem tampak sepi aktivitas, dan banyak di antaranya pulang lebih awal.

Sementara itu pelantikan perbekel yang direncanakan Selasa (24/2) pagi ini diundur, tanpa alasan jelas. Pagi ini direncanakan bakal digelar penggantian antarwaktu (PAW) seorang anggota DPRD Karangasem I Wayan Kari Subali. Anggota Komisi I ini sebelumnya anggota Fraksi PDI-P, namun belakangan mengajukan diri sebagai caleg pada Pileg 2009 lewat PNI-M. Namun, sejumlah anggota DPRD Karangasem kemarin mengaku masih ragu apakah PAW melalui sidang paripurna istimewa itu bisa berlangsung, karena dikhawatirkan banyak anggota Dewan yang tak hadir.

Sejumlah anggota Dewan dan caleg Senin (23/2) kemarin di Amlapura juga mengaku kelimpungan. Rencana mereka menarik dukungan berantakan gara-gara play (penarikan) uang di KKM buyar. Padahal, dengan play awal Maret, ada yang sudah merencanakan membeli 15 ekor babi untuk hari raya Galungan dan Kuningan dan dagingnya dibagikan kepada warga. Uang hasil penarikan lainnya juga untuk membeli baliho, dan mencetak alat peraga kampanye lainnya. Sejumlah investor KKM, baik dari kalangan orang berduit yakni pengusaha sampai Dewan pun, mulai khawatir sepeda motor atau mobil mereka yang dibeli dari KKM dan BPKB-nya masih ditahan di koperasi itu bakal ditarik kembali. (bud)

http://www.balipost.com/mediadetail.php?module=detailberita&kid=2&id=11534

Related Posts by Categories



No Comment