RSS : Articles / Comments


Lagi, Longsor di Buleleng

16.40, Posted by simple, No Comment


'Sanggah' dan Rumah Rusak
Singaraja (Bali Post) -
Kabupaten Buleleng sepertinya tak henti-henti dirundung bencana. Setelah dua bukit di Tejakula longsor, Jumat (6/2) kemarin terjadi lagi bencana longsor di tiga tempat yang berbeda. Selain longsor, pada saat bersamaan ombak besar melanda perairan Buleleng, sehingga mengakibatkan tiga rumah nelayan di Desa Kalibukbuk rusak.

Bencana longsor terjadi di Jalan Raya Singaraja-Denpasar, tepatnya di Dusun Wirabuana Desa Gitgit Kecamatan Sukasada. Longsor juga terjadi di Desa Pakisan Kecamatan Kubutambahan, dan di Desa Unggahan Kecamatan Seririt. Longsor di Gitgit terjadi ketika hujan lebat melanda daerah itu sejak Kamis (5/2) sore hingga Jumat pagi kemarin. Saat itu pekarangan rumah Nyoman Gampil, warga Gitgit, tergerus ke tengah jalan dan sempat membuat arus lalu lintas Singaraja-Denpasar macet total selama sekitar dua jam.

Longsor di Desa Pakisan menyebabkan sebuah bangunan sanggah kemulan milik Gede Sweker tergerus ke jurang. Di Unggahan, longsor menyebabkan sejumlah bangunan milik Putu Sudiarka, seperti rumah, dapur, kamar mandi dan kandang babi, mengalami rusak parah.

Sementara itu di perairan ombak besar yang terjadi mulai Kamis hingga Jumat kemarin menerjang rumah-rumah nelayan yang berada di tepi pantai. Data sementara menyebutkan, tiga rumah semipermanen di Banjar Dinas Celuk Buluh, Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, rusak setelah diterjang ombak besar. Sementara puluhan nelayan di daerah ini mengungsi ke tempat yang aman. 'Ombaknya kira-kira lima meter menerjang tanggul dan air laut masuk ke rumah kami,' kata Komang Budi (35), warga di Celuk Buluh, yang rumahnya rusak diterjang ombak.

Dua warga nelayan lain yang rumahnya rusak diterjang ombak adalah Ketut Artana (39) dan Wayan Suartawa (31). Terjangan ombak yang masuk ke daratan itu membuat rumah dan alat-alat penangkap ikan mereka rusak parah. Artana dan Suartawa mengaku pada saat ombak besar setahun lalu, rumah mereka sebenarnya sudah rusak diterjang ombak. Namun rumah itu sudah sempat diperbaiki. Saat terjadi ombak besar kemarin rumah yang baru diperbaiki itu kembali rusak. Hingga Jumat sore kemarin angin kencang dan ombak besar masih terjadi di sepanjang perairan Buleleng. (kmb15)

http://www.balipost.com/mediadetail.php?module=detailberita&kid=2&id=10827

Related Posts by Categories



No Comment