RSS : Articles / Comments


Pohon Cemcem Tumbang,Sembilan "Pelinggih" HancurTabanan (Bali Post)

07.17, Posted by simple, No Comment


Angin kencang yang melanda Tabanan dalam beberapa hari belakangan, menimbulkan rasa waswas bagi penduduk. Angin kencang Minggu (8/2) siang kemarin menyebabkan tumbangnya pohon Cemcem atau Cenggu di Pura Taman Sari, Banjar Dencarik, Subamia, Tabanan. Akibatnya, sembilan pelinggih di pura itu luluh lantah.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tetapi kerugian yang ditimbulkan tidak kecil. Pohon Cemcem itu tumbang sekitar pukul 12.00 wita akibat angin yang berhembus sangat kencang di Banjar Dencarik yang dekat persawahan itu. Salah satu warga Ni Wayan Erawati (27) yang rumahnya hanya berjarak sekitar 5 meter dari pura itu melihat langsung kejadian itu. Ia mendengar suara keras dari pohon tumbang yang berada di samping kiri pelinggih Beji Pura Taman Sari.

Pohon setinggi 10 meter tersebut tumbang menghancurkan sembilan pelinggih yang terdapat di Pura Taman Sari. Suaranya terdengar hingga radius 150 meter. Walau sejumlah pura hancur, pelinggih Beji yang posisinya berada di samping batang pohon tidak mengalami kerusakan. Tumbangnya pohon itu malah menghancurkan pelinggih di dalam pura.

Masyarakat sekitar langsung berdatangan ke lokasi. Sebuah mesin pemotong kayu dipergunakan untuk memindahkan pohon tersebut dan warga bergotong royong melakukan pembersihan. Pemaksan Banjar Dencarik I Wayan Suarja yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, bangunan yang hancur antara lain pelinggih Gedong Simpen yang atapnya terbuat dari ijuk, pelinggih Simpangan Jati Luwih, pelinggih Sarin Loji, pelinggih Jero Nyoman, pelinggih Simpangan Bongli, pelinggih Simpangan Dalem Kebon Tingguh, sebuah Bale Linggih yang terdapat di tengah kawasan pura Luhur Taman Sari dan kerusakan kecil pada pelinggih Pura Beji. Selain itu, tembok penyengker pura yang di-sungsung Banjar Dencarik dan Banjar Ambal-Ambal itu juga hancur tertimpa dahan pohon yang besar.

Perbekel desa setempat I Wayan Sudiana mengaku belum bisa memperkirakan, berapa jumlah kerugian akibat musibah itu. Selain pohon yang tumbang itu, di timur lokasi pura juga terdapat banyak pohon besar yang dinilai cukup membahayakan bangunan pura. Ia mengaku akan meminta persetujuan masyarakat untuk menebang sejumlah pohon itu. (kmb14)

http://www.balipost.com/mediadetail.php?module=detailberita&kid=2&id=10904

Related Posts by Categories



No Comment