RSS : Articles / Comments


PT Anantara Siap Mundur dari Buyan

11.00, Posted by simple, No Comment


Jika Penolakan Krama Bali Sangat Kuat
KUATNYA penolakan komponen masyarakat Bali terhadap eksploitasi di Danau Buyan membuat PT Anantara kembali pikir-pikir. Tetapi kalau penolakannya sangat kuat, mereka tidak memasalahkan untuk tidak menanam modal di kawasan tersebut.

Dari perbincangan dengan Komisaris PT Anantara Lilia Sukotjo, Kamis (29/1) kemarin, terungkap bahwa pihak manajemen PT Anantara masih pikir-pikir apakah melanjutkan rencana pengembangan kawasan tersebut atau membatalkan niatnya untuk mengurus perizinan ke Menteri Kehutanan untuk mengelola hutan sekitar 600 hektar. 'Kami masih pikir-pikir. Persoalan ini masih dibicarakan di internal,' katanya melalui telepon.

Lilia mengakui tidak menyangka wacana pengelolaan kawasan Danau Buyan menyentuh pada hal-hal yang sangat sensitif. Karena itu pihaknya tak mau berbicara dulu kepada publik seputar respons penolakan masyarakat Bali seputar rencana pengembangan kawasan Danau Buyan. 'Tolong beri kami waktu untuk membicarakan masalah ini di dalam dulu,' katanya.

Apakah penolakan komponen masyarakat Bali yang sangat kuat atas rencana pengembangan Danau Buyan akan menjadi pertimbangan? 'Okelah kalau penolakannya sangat kuat, kami tidak apa-apa tidak berada di situ,' katanya.

Namun pertanyaannya, siapa yang bertanggung jawab memperbaiki kehidupan masyarakat petani selanjutnya? 'Terus terang pertanyaan ini sangat mengganggu benak kami,' kata Lilia. Sebab, dari obrolan dengan para petani strawbery di Pancasari, mereka mengharapkan bantuan investor untuk mengangkat kehidupan ekonominya melalui pertanian organik. Ini kan sebuah persoalan yang mesti dipecahkan. (029)

Related Posts by Categories



No Comment